Celticvero's Blog

Just another WordPress.com weblog

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Maret 17, 2011

Filed under: Uncategorized — celticvero @ 12:34 pm

Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, media komunikasi berteknologi saat ini sangat berkembang dengan pesat. Mungkin perkembangan teknologi komunikasi ini akan lebih cepat daripada perkembangan teknologi transportasi. Sebagai suatu misal, perkembangan HP, internet, televisi dan teknologi komunikasi lainnya akan lebih cepat daripada perkembangan mobil dan lain sebagainya.

I. Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Dalam sejarah perkembangan pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu, seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang direkam pada kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain adanya kelebihan dan kekurangan pada teknologi komunikasi akan berdampak beberapa bidang, antaranya;

a. Bidang Psikologis

  1. Individual space meningkat, yaitu meningkatnya ruang invidual karena telah memperoleh informasi melalui media komunikasi yang canggih, misalnya internet. Orang akan lebih menyukai duduk di depan computer yang berinternet daripada bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata. Dengan demikian, social space akan menyempit dan digusur dengan individual space tersebut.
  2. Kecemasan sosial terhadap suatu fenomena meningkat. Dengan adanya media komunikasi yang berteknologi tinggi maka informasi akan lebih cepat menyebar. Contohnya, informasi mengenai wabah flu burung. Sebelum adanya informasi tersebut, orang tidak takut mengkonsumsi unggas. Namun setelah adanya informasi yang menyebar dengan cepat mengenai flu burung maka kecemasan sosial terjadi, yaitu orang merasa takut untuk mengkonsumsi unggas. Begitu juga fenomena tsunami di Aceh, sehingga setiap kali gempa di beberapa daerah, orang akan mencari informasi tentang kemungkinan tsunami. Inilah yang menjadi contoh adanya kepanikan sosial (social anxiety) karena media komunikasi berteknologi tinggi yang membahana.
  3. Kebutuhan komersial masyarakat meningkat; sebagaimana kita ketahui sebelumnya bahwa media komunikasi yang hi-tech akan mempengaruhi minat audience dan mempersuasi audience. Oleh karena itu, hal ini digunakan oleh perusahaan jasa komunikasi dan perusahaan komersial untuk memanfaatkan sifat konsumerisme masyarakat ini.
  4. Kriminalitas meningkat; jika kita melihat tayangan di TV mengenai informasi atau film tentang kriminalitas dengan modus yang canggih maka ini sebenarnya merupakan inspirasi bagi pelaku kejahatan lainnya. Proses meniru tayangan kriminalitas ini yang dikenali sebagai modeling perilaku kejahatan. Apalagi kalau kita mencermati modus operandi kejahatan di dunia maya (internet) yang sedang marak maka seolah-olah mudah sekali melakukan kejahatan yang dibantu dengan media komunikasi berteknologi tinggi. Masih ingat kasus penipuan melalui e-mail, HP dan chatting?
  5. Pemenuhan rasa ingin tahu (need of curiousity); sudah menjadi kodrat manusia diciptakan dengan kekuatan pemikiran yang luar biasa. Pemikiran ini yang dirangsang dengan rasa ingin tahu atau penasaran yang besar. Dengan media komunikasi yang berteknologi tinggi, terjawablah rasa penasaran manusia tentang apapun itu. Semua bisa kita cari di internet dengan menggunakan kata kunci tertentu. Mudah kan?
  6. Tehnologi dapat mengurangi kreativitas; teknologi yang menjadi alat bantu manusia menjanjikan sejuta efisiensi. Oleh karena itu, manusia akan menjadi malas karena kemajuan teknologi tersebut. Sebagai misal, aktivitas copy-paste di mahasiswa akan menjadi budaya plagiat di kemudian hari. Pada akhirnya kreativitas seseorang dapat menurun jika ia tak pandai memanfaatkan teknologi untuk pengembangan dirinya.

b.     Bidang Ekonomi

Kontribusi IT pada pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial telah mendapat perhatian besar pada beberapa tahun belakangan ini, terutama pada isu mengenai “ekonomi baru”. Sektor produksi-IT dan sektor pengguna-IT amat beragam, antar dan di dalam suatu negara. Fokusnya lebih banyak diberikan pada debat pengambilan keputusan oleh pemerintah, kurang melihat efeknya pada kurang waktu jangka panjang.

Ada 3 (tiga) efek dari pemanfaatan IT dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, yaitu:

  1. Investasi IT dalam berbagai sektor membantu peningkatan produktifitas tenaga kerja.
  2. Kemajuan teknologi di dalam memproduksi barang-barang teknologi tinggi memberikan kontribusi untuk kemajuan sektor IT
  3. Penggunaan yang lebih meningkat dari IT membantu perusahaan untuk melakukan efisiensi secara menyeluruh.

Kehadiran teknologi informasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti mampu meringankan aktivitas bisnis yang kompleks serta menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan manajemen. Selain itu efisiensi operasi perusahaan dan kinerja perusahaan juga dapat ditingkatkan. Akibatnya perusahaan dapat tetap bertahan dalam era informasi serta mampu menghadapi persaingan pasar global. Selain menghasilkan manfaat, perkembangan teknologi informasi juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi perusahaan, seperti tertutupnya kesempatan kerja, timbulnya resistance to change serta timbulnya kejahatan-kejahatan teknologi informasi yang dapat merugikan perusahaan.

Adapun Dampak positif pemanfaatan teknologi. Misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan:

  • Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet.
  • Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking).
  • Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk menunjang kegiatan bisnis.
  • Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak, sehingga mengirit biaya kertas (paperless).
  • Sebagai contoh sarana pengiriman surat diganti diganti dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Dampak negatif teknologi terhadap manusia sebagai berikut :

  • Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya.
  • Seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainan bomber man.
  • Di bidang kriminalitas, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan.
  • Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding).
  • Kepribadian terhimpit, karena pengaruh informasi yang sifatnya global maka manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis.

 

Daftar Pustaka

M. Ghojali Bagus A.P., S.Psi. Buku Ajar Psikologi Komunikasi – Fakultas Psikologi Unair 2010

Gordon, Judit R. (1993). Organizational Behavior. 4th edition. Needham Height- Mampu: Allyn and Bacon.

Kontribusi sektor ICT dalam Pertumbuhan Ekonomi http://ronny-ekonomi.blogspot.com/2008/05

Zulkarimen Nasution, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Universitas Terbuka, Jakarta, 2005.

http://www.hdn.or.id/index.php/research/2006/berbagai_definisi_teknologi_informasi_1

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090731220807AApyfgG

 

Nama : Veronica Henny K.

NMP : 10507249

4PA05

Universitas Gunadarma

 

 

15 Responses to “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi”

  1. vava Says:

    tulisan ini sangat berguna… sudah bagus namun apakah hanya dalam bidang psikologi dan ekonomi saja??

  2. made Says:

    contoh kejahatan teknologi informasi yang dapat merugikan perusahaan itu seperti apa?? apakah dampak negatif menurut anda bisa ditangani??

    semoga tulisan ini bermanfaat badi yang baca,, nice info gann

  3. arum05 Says:

    menarik sekali tulisan anda…sangat berguna bagi yang membutuhkannya..^^..

  4. Melati Says:

    terus apa dampaknya buat masyarakat di daerah…?? kayanya mereka belum sepenuhnya bersentuhan dengan teknologi…. sampe dimana perkembangan teknologi di daerah…??

  5. chris Says:

    tulisan anda sudah cukup baik.. lebih baik lagi dijelaskan bidang-bidang yang lain..
    thx

  6. loly Says:

    Postingan anda sudah cukup baik,,
    namun apa yang anda rasakan dengan adanya dampak negatif apakah bisa diperbaiki.. good luck!!

  7. dimas Says:

    apakah perkembangan teknologi informasi hanya memberikan banyak manfaat bagi perusahaan saja dalam bidang ekonomi??

    tulisan anda sudah baik, tingkatkan lagi..

  8. jery Says:

    nice ipon gan…
    tingkatkan tulisan mu, dalam tulisan anda: Kepribadian terhimpit, karena pengaruh informasi yang sifatnya global maka manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis, bagaimana cara menangani agar kultur negara tidak terkikis??

  9. celticvero Says:

    terima kasih atas respon kalian semua…
    @vava: sebenarnya ada beberapa bidang seperti sosial, kehidupan orang yang selalu tergantung pada teknologi akan semakin sulit untuk bertatap muka ketika ingin mengobrol, bahkan mereka lebih mementingkan media komunikasi mereka.

    @made: menurut saya bisa saja, tergantung kesadaran orang masing”, apakah bisa membatsi diri.

  10. celticvero Says:

    @melati: dampak buat msy daerah yang sudh mersaakan teknologi informasi itu sndri seperti adanya media elektronik sperti:Tv,hp dll. tetapi untuk masyarakat yang belum terjamah dengan teknologi seharusnya pemerintah membantu dalam menangani maslah ini, dengan menyuplai listrik keplosok”. Untuk saat ini penyebaran teknologi informasi baru ke daerah” yang masih bisa terjamah oleh adanya listrik (alat elektronik, bukan hanya komputer saja).

  11. siti een Says:

    tulisan anda cukup baik, tapi saya harus berusaha keras untuk bisa memahami tulisan anda..
    sejujur’y saya pusing membaca blog anda… krn background’y tll mencolok….

  12. Ndha Says:

    postingannya cukup euy,,,,apalagi dampak perkembangan teknologi informasi yang dapat dilihat secara psikologis cukup memberikan gambarannya…
    gak bisa terbayang euy kalo, kecemasan sosial terjadi (“.)

  13. Ndha Says:

    postingannya cukup euy, dampak perkembangan TI apalagi dilihat secara psikologis cukup memberi gambaran…..
    gak kebayang yahhhh, kaloterjadi kecemasan sosial (“.)

  14. Ndha Says:

    singkat padat jelas euy, cukup mewakili penjelasan dampak TI apalgi dilihat secara psikologis… ^^
    meyeramkan euy,,,kalo terjadi kecemasan sosial..

  15. Dwi Mayang Sari Says:

    Eeehhhmm.. Cukup Lengkap sekali penjelasan dari pembahasan artikel Vero.. Coba deehh kalau pembahasan dampaknya lebih dipersempit lagi. Seperti, dampak positif dan dampakpositifnya.. serta dijelasin lagi adakah faktor-faktornya..
    Tetap Semangat yaa Vero.. Buat terus tulisan-tulisan yang dapat bermanfaat untuk kita-kita pembaca.. Caayyyoo… ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s